24 Apr

Tutorial Menggambar Menggunakan CATIA (Computer Aided Three-dimensional Interactive Application) — by pendekar ilusi —

1. Memulai CATIA
Klik tombol start pada computer kamu, lalu pilih seri rilis CATIA yang kamu gunakan, misalnya CATIA V5R17

Kemudian klik File > New > Part

Sebelum memulai membuat gambar, sebaiknya dilakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu, misalnya penggunaan satuan yang akan dipakai. Setting satuan dengan cara klik Tools > Options > Parameters and Measures > Units > Length, misal kita pilih millimeter (mm).

2. Menggambar Sketsa Objek 2 Dimensi
Kemudian pilih plane atau bidang gambar yang diinginkan (misal YZ plane), lalu klik tombol Sketch

Selanjutya, kamu bisa menggambar sketsa dimensi part yang akan digambar menggunakan menu yang ada pada tampilan sketcher seperti : garis, lingkaran, kotak, elongated hole (biasanya digunakan untuk menggambar alur spie/pasak), trim, dll. Kemudian, untuk definisi ukuran, bisa kita gunakan tombol constraint.

3. Menggambar Part Design Objek 3 Dimensi
Selanjutnya, untuk berpindah dari tampilan sketcher menuju tampilan part design agar bisa menggunakan fitur perintah gambar 3D, kita klik tombol exit workbench.

Pada tampilan part design kita bisa menggunakan fitur-fitur untuk membentuk gambar 3D seperti : pad, pocket, thread/tap, dll.

Apabila ingin membuat sketch baru pada salah satu face/sisi dari objek gambar 3D yang kita buat, kita tinggal lakukan klik pada face/sisi yang dimaksud, kemudian klik Sketch. Selain itu, apabila ingin membuat sketsa baru pada bidang gambar baru pada objek 3D yang kita buat, kita bisa membuat bidang gambar baru dengan cara klik Plane.

4. Drafting Part Design 3D Menjadi Gambar Teknik 2D
Biarkan jendela part design tetap terbuka seperti gambar di atas, kemudian klik File > New > Drawing untuk membuka jendela drafting.

Selanjutnya pilih standar yang digunakan (misal ISO), lalu pilih jenis kertas yang digunakan (misal A4), lalu klik OK. Selanjutnya, klik Front View > lalu pilih Face yang akan dijadikan tampilan depan pada gambar teknik 2D.

Langkah selanjutnya, pilih atau klik Projection View untuk membuat gambar tampak kanan, tampak kiri, tampak atas, atau tampak isometric sesuai keinginan kita. Juga bisa dibuat gambar irisan apabila diperlukan. Pengaturan skala dan penulisan dimensi pada kertas gambar juga dilakukan pada tahap ini (dimensi sesungguhnya sudah ditentukan pada saat menggambar sketsa pada jendela Sketcher di atas).

Langkah terakhir adalah pembuatan kepala gambar untuk memberi identitas pada gambar. Selanjutnya dokumen siap di save dalam bentuk file .CATDrawing atau diconvert menjadi file .pdf atau .jpg dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *